10 Bentuk Awan Indah yang Pernah Ada

Kali ini kami ingin berbagi info tentang 10 Bentuk Awan Indah yang Pernah Ada. Langit tanpa awan bagaikan taman tanpa bunga. Awan secara umum dapat diklasifikasikan berdasarkan penampilannya: kumulus (bertumpuk), stratus (berlapis), cirrus (lingkaran), nimbus (hujan). Juga dapat dibedakan berdasarkan ketinggian awan dasarnya: tingkat tinggi, tingkat menengah, tingkat rendah dan awan awan vertikal. Berikut daftar 10 Bentuk Awan Paling Indah di Dunia.

1. Nacreous Clouds
Awan ini jarang kita lihat, kadang-kadang disebut awan ibu mutiara, berada di ketinggian 15 - 25km (9 -16 mil) di stratosfer dan jauh di atas awan troposfer. Mereka memiliki warna yang bervariasi tetapi bukan sembarang warna. variasi warna ini dibentuk dari bias cahaya matahari. Awan ini sebagian besar terlihat di daerah kutub dan di musim dingin di lintang tinggi, Skandinavia, Alaska, Kanada Utara. untuk tingkat warni awan rendah dapat dilihat di mana saja.Awan Nacreous bersinar terang di bawah sinar matahari di dataran tinggi selama dua jam setelah matahari terbenam atau sebelum fajar. 

Nacreous Clouds

Nacreous Clouds

Nacreous Clouds

Nacreous Clouds

2. Mammatus Clouds
Awan Mammatus adalah awan dengan struktur kantung-kantung. Awan mammatus tidak berbahaya dan terlihat seperti akan terjadi badai tornado, tapi itu persepsi yang salah awan ini malahan terbentuk dari badai tornado berlalu.

Mammatus Clouds

Mammatus Clouds

Mammatus Clouds

Mammatus Clouds

Mammatus Clouds

Mammatus Clouds

3. Altocumulus Castelanus
Juga dikenal sebagai awan ubur-ubur karena penampilan mereka seperti ubur-ubur.
Ini diambil oleh foto sekitar 17.000 kaki. Bagian atas awan naik membentuk ubur-ubur dan tentakel.awan ini sering dijumpai ketikai air menguap sebelum hujan. 

Altocumulus Castelanus

Altocumulus Castelanus

4. Noctilucent Clouds
Awan Noctilucent Awan Noctilucent atau Polar Mesopheric Clouds: Ini adalah pembentukan awan extroadinarily langka yang keluar di antara ruang 82 km sampai 102 km dari permukaan tertinggi bumi (AOS). Awan Noctilucent di belahan bumi yang lain akan terlihat seperti bercahaya. 

Noctilucent Clouds

Noctilucent Clouds

Noctilucent Clouds

Noctilucent Clouds

5. Mushroom Clouds
Awan Jamur Awan jamur adalah awan berbentuk jamur khas yang terbentuk dari asap, uap air kental, atau puing-puing akibat ledakan yang sangat besar. Mereka sering dikaitkan dengan ledakan nuklir. tapi tidak semua Awan jamur dihasilkan dari efek ledakan nuklir. Letusan Gunung dapat menghasilkan awan jamur alami. Awan Jamur terbentuk akibat perubahan panas dan masa jenis awan secara tiba-tiba.

Mushroom Clouds

Mushroom Clouds

Mushroom Clouds

Mushroom Clouds 

6. Cirrus Kelvin-Helmholtz
Kelvin-Helmholtz CirrusMuncul berbaris, spiral dan horisonta, Kelvin-Helmholtz Cirrus adalah salah satu formasi awan yang paling khas. Namun, awan ini terbentuk hanya satu atau dua menit, akibatnya awan seperti ini jarang terlihat, ketinggian rata-rata adalah sekitar 16.500 kaki 

Cirrus Kelvin-Helmholtz

Cirrus Kelvin-Helmholtz

7. Lenticular Clouds
Awan Lenticular Awan Lenticular, secara teknis dikenal sebagai lenticularis stand altocumulus, adalah awan yang terbentuk berbentuk di tempat yang tinggi. Ketika udara lembab stabil mengalir di sebuah gunung atau daerah pegunungan, serangkaian gelombang terbentuk dengan skala besar, terbentuk ketika awan melawan arah angin. Dalam kondisi tertentu, awan lenticular formasi yang dikenal sebagai "gelombang awan". Awan ini sering dikira UFO!

Lenticular Clouds

Lenticular Clouds

Lenticular Clouds

Lenticular Clouds

Lenticular Clouds

Lenticular Clouds

Lenticular Clouds

8. Roll Clouds
Awan Roll (Menggulung)Awan roll terbentuk dari tabung horisontal awan dengan embusan badai, atau dengan sebuah awan dingin. Awan Roll juga bisa menjadi tanda aktivitas microburst. 

Roll Clouds

Roll Clouds

Roll Clouds

Roll Clouds

Roll Clouds

Roll Clouds

9. Shelf Clouds
Tidak seperti awan roll, awan Shelf (rak) melekat ke dasar awan (biasanya berlangsung ketika ada badai)..
Gerakan awan dibagian luar terlihat lembut dan lurus sedangkan di bagian dalam terlihat bergelombang dan robek-robek. 

Shelf Clouds

Shelf Clouds

Shelf Clouds

Shelf Clouds

Shelf Clouds

10. Stratocumulus Clouds
Awan StratocumulusMenurut Observatorium Meteorologi Sapporo, awan stratocumulus terbentuk akibat terjebak arus udara panas dan arus udara dingin. Awan ini sangat jarang dilihat.

Stratocumulus Clouds

Nah bagaimana sungguh menakjubkan bukan? masih banyak awan yang langka dan indah yang belum kita temukan diluar sana. Lukisan alam dari Sang Pencipta. 

View the original article here

Penulis : Asad RidhoAA ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 10 Bentuk Awan Indah yang Pernah Ada ini dipublish oleh Asad RidhoAA pada hari Selasa, 27 Agustus 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 10 Bentuk Awan Indah yang Pernah Ada
 

0 komentar:

Posting Komentar