Peringkat Rumah Sakit Dunia -


Minggu Pertama Pebruari 2009, National Research Council (CSIC), yang berlokasi di Spanyol, telah mempublikasikan Webometrics Ranking of World Hospitals, suatu daftar yang memuat peringkatan (ranking) 1.000  rumah sakit terbaik di seantero dunia, setelah menganalisa data  17 ribu website RS dari seluruh dunia (termasuk 61 rumah sakit dari Indonesia). peringkatrs.jpgRumah sakit yang memperoleh peringkat atas umumnya berasal dari Amerika Serikat seperti John Hopkin’s Medicine, dan Cleveland Clinic ( peringkat pertama hingga ke 24 diborong AS).
Pelopor peringkatan Rumah Sakit yang dirilis tiap 6 bulan sekali ini  adalah Cybermetrics Lab, sebuah lembaga penelitian dari Centro de Información y Documentación (CINDOC) yang merupakan bagian dari National Research Council (CSIC), Spanyol. Selain melakukan peringkatan rumah sakit, lembaga ini telah lebih dahulu terkenal sebagai lembaga pemeringkat universitas terbaik  dunia.
        Peringkat rumah sakit terbaik di Asia diraih oleh Taipei Western Hospital (peringkat 25) dan Chang Gung Memorial Hospital (26). Di samping ke dua RS ini, Taiwan berhasil menempatkan 23 rumah sakit lainnya ke dalam 1.000 rumah sakit terbaik versi Webometrics ini. Singapura diwakili oleh 4 RS, yakni Singhealth (256), Singapore General Hospital (413), Singapore National University Hospital (482), dan National Cancer Centre  Singapore (815). Malaysia diwakili Universiti Malaysia Medical Centre (658) dan Hospital Universiti Kebangsaan Malaysia (718). Thailand diwakili oleh 9 Rumah Sakit, diantaranya Bangkok Hospital (394), dan Bumbungrad Internacional Hospital (825).  Bagaimana dengan Indonesia? Sayang, tak satupun rumah sakit dari Indonesia masuk ke dalam 1000 rumah sakit terbaik dunia versi Webometrics ini.
      Apakah rumah sakit yang termasuk daftar 1.000 rumah sakit terbaik versi webometrics adalah rumah sakit yang dari kualitas pelayanannya memang paling baik? Sulit untuk menjawabnya karena kriteria yang dipakai bukan mutu layanan, tapi bagaimana “potret lengkap”  rumah sakit tersebut yang dicerminkan website resminya.  Kriteria penilaian didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan volume, isi Website, visibilitas dan dampak dari publikasi website sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Peringkat ini diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli. Jelasnya, perankingan ini membandingkan bagaimana Visibility = V  (jumlah total tautan eksternal  unik yang diterima dari situs lain  lewat Yahoo Search, Live Search dan Exalead), Size (S): Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead, Rich Files (R):  Volume file yang ada di website RS berdasarkan uji relevansi dengan aktivitas akademis dan publikasi serta Scholar (Sc): tulisan-tulisan ilmiah yang terdapat pada website RS.
       Namun, walau kriteria  penilaian adalah analisa lewat data website,  nama-nama yang terdapat dalam peringkat rumah sakit versi webometric tersebut pada galibnya memang rumah sakit yang disegani di kawasannya. Namun, mengapa Indonesia yang juga punya rumah sakit bermutu "gagal" masuk ke dalam 1.000 rumah sakit terbaik versi webometric?.
        Jika kita membandingkan tampilan, isi, dan aksesibilitas website RS  di Indonesia dengan website RS yang memperoleh peringkat webometrics, rasanya kita boleh mahfum. Pengamatan atas website beberapa RS terkemuka di Indonesia menunjukkan belum ada RS yang bentuk dan kontennya dirancang secara sistematis dan lengkap yang akan memberikan kemudahan kepada masyarakat, pasien, dan pegawai rumah sakit sendiri dalam memanfaatkan jasa rumah sakit. Ibarat  buku manual kendaraan yang biasanya 100 halaman,  website RS di Indonesia bagaikan buku manual 25 halaman – itupun ada beberapa halaman yang tersobek – hilang entah kemana. Agar RS di Indonesia juga masuk ke dalam ranking internasional ini, ada baiknya rumah sakit di Indonesia, terutama yang punya visi global, menata ulang sistem pengelolaan websitenya agar lengkap, up to date, punya link-link interaktif ke semua bagian pelayanan dan memenuhi kriteria Webometrics Ranking lainnya yang kini mulai diakui  sebagai tool untuk melihat mutu rumah sakit. Website hendaknya dipahami bukan sebagai sarana promosi belaka, tapi merupakan  sarana pelayanan terdepan untuk memberikan pelayanan lebih baik.  (Azril Kimin – apotekputer.com)
        Di bawah ini kami tampilkan Peringkat 1 s/d 50 untuk  rumah sakit terbaik dunia versi Webometrics (Cybermetrics Lab CSIC)
  1. University of Texas Medical Branch (USA)
  2. University of Michigan Health System (USA)
  3. NYU Medical Center (USA)
  4. University of Kansas Medical Center (USA)
  5. Vanderbilt Medical Center (USA)
  6. Johns Hopkins Medicine  (USA)
  7. University of Rochester Medical Center USA)
  8. University of Virginia Health System (USA)
  9. University of Miami Hospital & Clinic (USA)
  10. M. D. Anderson Cancer Center (USA)
  11. Cleveland Clinic (USA)
  12. Health Care University of Connecticut Health Center John Dempsey Hospital (USA)
  13. Baylor College of Medicine Hospital (USA)
  14. University of Maryland Medical Center (USA)
  15. University of Texas Southwestern Medical Center at Dallas (USA)
  16. Columbia University Medical Center (USA)
  17. University of Nebraska Medical Center (USA)
  18. Texas Tech Health Sciences Center  (USA)
  19. Wake Forest University Baptist Medical Center (USA)
  20. Children's Hospital Boston (USA)
  21. Loma Linda University Adventist Health Sciences Center  
  22. University of Arkansas Medical Center (USA)
  23. University of Kentucky Academic Medical Center (USA)
  24. Massachusetts General Hospital  (USA)
  25. Taipei Veterans General Hospital  (Taiwan)
  26. Chang Gung Memorial Hospital (Taiwan)
  27. University Clinic Heidelberg Universitatsklinikum Heidelberg (Jerman)
  28. Wpmc Wright Patterson Medical Center  (USA)
  29. Centre Hopistalier Universitaire de Rouen (Perancis)
  30. Buddhist Tzu Chi General Hospital (Taiwan)
  31. University California Davis Health System (USA)
  32. University of Iowa Hospitals and Clinics (USA)
  33. Assistance Publique Hôpitaux de Paris (Perancis)
  34. Brigham and Women's Hospital (USA)
  35. University of New Mexico Health Sciences Center (USA)
  36. Cincinnati Children's Hospital Medical Center (USA)
  37. George Washington University Medical Center (USA)
  38. Universitatsklinikum Gießen und Marburg (Jerman)
  39. Beth Israel Deaconess Medical Center Boston (Israel)
  40. National Cancer Center Hospital (Jepang)
  41. Rush University Medical Center  (USA)
  42. University of Cincinnati Hospital  (USA)
  43. Hospital for Sick Children  (Kanada)
  44. Arizona State Hospital (USA)
  45. Medizinischen Hochschule Hannover (Jerman)
  46. Institut Municipal d'Investigació Médica Hospital del Mar (Perancis)
  47. Hospital Authority (Hongkong)
  48. Children's Hospital of Philadelphia  (USA)
  49. Memorial Sloan Kettering Cancer Center (USA)
  50. Dartmouth Hitchcock Medical Center  (USA)

Penulis : Asad RidhoAA ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Peringkat Rumah Sakit Dunia - ini dipublish oleh Asad RidhoAA pada hari Senin, 19 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Peringkat Rumah Sakit Dunia -
 

0 komentar:

Posting Komentar