Motor Bore Up Jadi Hemat Bahan Bakar?


Bore up yang optimal bikin efisien
BBM atau bensin mau naik? Lantas banyak yang ogah main bore up. Padahal bore up malah bikin hemat. Seperti pernah MOTOR Plus tulis sekaligus buktikan. Lewat pengujian penggunaan BBM sebelum dan sesudah bore up.

Paling pertama, pernah MOTOR Plus menguji Yamaha Nouvo yang dibore up. Standarnya 113 cc dibikin jadi 155,6 cc plus dibarengi dengan penggunaan klep besar. KLep menggunakan punya Honda Sonic jadi 28 mm in dan 24 mm ex.

Hasilnya efisiensi bisa didapat. Kondisi standar sebelum bore up, pemakaian bensinnya satu liter terpakai 32 km. Sesudah volume silinder jadi buncit malah bisa mencapai 34 km/liter. Jarak tempuhnya malah lebih jauh sekitar 2 km.

Lantas belum lama, MOTOR Plus juga pernah menguji bore up di matic Honda. Ketika itu jajal di Honda BeAT yang asalnya 110 cc jadi 130 cc.

Cukup menggunakan paket bore up yang dijual instan. Artinnya pemilik motor tinggal pasang karena sudah dijual satu set sudah dapat blok, seher dan paking.

Dari hasil pengetesan, kondisi bore up lebih jauh sekitar 1 km. Dalam kondisi digeber konstan dan melewati rute dan pemakai motor yang sama.

Alasan bore up lebih hemat memang masuk akal. Apalagi di motor matic. Untuk berakselerasi butuh lebih menggerung atau banyak selip di CVT karena power yang pas-pasan.

Namun begitu bore up, power yang dihasilkan lebih mantap. Langsung loncat. Tidak banyak selip ketika akselerasi. Sehingga tidak banyak bensin terbuang.

Di motor standar juga terbukti. Supra X125 bisa lebih efisien dibanding Supra X 100 cc. Karena ketika akselerasi lebih spontan.
(www.motorplus-online.com)

Penulis : Asad RidhoAA ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Motor Bore Up Jadi Hemat Bahan Bakar? ini dipublish oleh Asad RidhoAA pada hari Sabtu, 28 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Motor Bore Up Jadi Hemat Bahan Bakar?
 

0 komentar:

Poskan Komentar